Layanan Perpanjang KTP Jakarta

Sudah lima tahun saya tidak ke kelurahan. Maklum karena memang tidak ada sesuatu yang harus diurus di sana. Saya pergi ke kantor kelurahan dikarenakan anjuran untuk segera mengurus e-KTP selain itu tanggal di KTP yang lama sudah mau habis masa berlakunya. Seperti yang telah diumumkan oleh pemerintah, e-KTP adalah KTP Elektronik Indonesia; Yaitu KTP yang berbasis data elektronik. Intinya data KTP-nya sudah terintegrasi dengan data kependudukan secara online dan berlaku seumur hidup.

Setelah Ijin ke kantor untuk datang sedikit terlambat dikarenakan akan mengurus ktp tersebut maka dengan motor kawasaki kesayangan saya menuju kelurahan Cipinang Muara, Jatinegara, Jakarta Timur. Memasuki kawasan kelurahan cipinang muara sungguh mengesankan. Saya baru kali itu ke kelurahan yang gedungnya ternyata sudah baru. Selain gedungnya yang baru pelayanannya juga memakai sistem baru. Cukup terkesan juga saya.  Kecanggihan teknologi sudah dipakai dengan alat antrian elektronik. Sebuah alat yang terlihat masih sederhana namun sudah cukup untuk mengatur antrian para pengunjung. Model antrian dapat dikatakan sama seperti kita bila mengurus sesuatu di bank. Tinggal pilih tombol sesuai dengan keperluan kita. maka nomor akan tercetak otomatis. Setelah itu kita duduk di tempat yang cukup nyaman karena ruangan menggunakan ac standing unit. Dan bila kita haus tersedia air galon.


Saya acungkan jempol kepada para pegawai kelurahan yang melayani satu-persatu penduduk dengan sangat ramah dan telaten. Mulai dari yang muda sampai yang sudah tua dilayani dengan sabar.


Karena saya datang pagi-pagi maka antrian saya termasuk cepat. Hanya menunggu beberapa menit nama saya sudah dipanggil, data saya sudah lengkap disertai surat pengantar dari RT dan RW, Namun ternyata ada sedikit kesalahan pada data NIK yang dahulu telah diselesaikan masih muncul di komputer kelurahan. Petugas dengan sabar menginstruksikan saya untuk menuju SUDIN DUKCAPIL wilayah Jakarta Timur. Mereka bilang bahwa data bisa dibenarkan disana. Sedikit kecewa karena terpaksa jam ke kantor jadi molor lagi. Dengan semangat 45 saya geber motor saya menuju kantor catatan sipil tersebut.

Sesampai di sudin saya juga merasakan hawa yang sangat baik. Saya menuju meja tamu harap lapor. Petugas di sana dengan senyum dan ramah menyarankan saya ke lantai dasar untuk bagian KTP. Karena hari sudah cukup siang, saya mendapatkan begitu penuh sesak orang mengantri di sana. Berbeda dengan di kelurahan tadi. Semenjak pengurusan dipindahkan dari walikota, ruangan tempat pengurusan terasa sempit. Bayangkan untuk wilayah sebesar jakarta timur tempat pengurusan begitu sempit dan terasa kurang teratur. Sistem antrian dilakukan masih dengan tiket manual. Dan bila kita malu bertanya, alhasil anda tidak akan tahu dimana mengambil tiket.


Namun, saya masih takjub juga melihat para pegawai yang masih ramah dan murah senyum melayani satu demi satu para penduduk yang mengurus e-KTP nya. Mereka terlihat tetap semangat bekerja walau dengan ruangan yang semakin panas, karena pendingin ruangan di tempat antrian tersebut tidak sebanding dengan jumlah orang yang menunggu disana.
Menurut saya, ruangan seharusnya menggunakan ruangan yang lebih besar, karena wilayah yang dilayani sangat luas. Dan setidak-tidaknya sistem antrian diberikan fasilitas yang lebih baik. Semoga Pak gubernur dan Kementrian dapat memperbaiki fasilitas umum ini, agar para pegawai semakin nyaman dalam bekerja. Dan penduduk semakin senang mengurus e-KTP nya karena fasilitasnya memadai.

Setelah mengambil tiket manual, dan menunggu beberapa menit akhirnya saya dipanggil. setelah diperiksa data dari kelurahan tadi saya di minta menunggu. Tidak terlalu lama saya menunggu. Karena saya ternyata termasuk datang pagi hari. Akhirnya dengan ramah petugas memanggil nama saya dan memberikan berkas yang telah ditandai. Langsung disarankan meluncur kembali ke kelurahan.
Melihat jam masih memungkinkan saya pacu kuda besi saya. Sesampai di Kantor Kelurahan, seperti tadi mengambil antrian dan antri. Beberapa menit kemudian nama saya dipanggil untuk scan dan foto KTP.

Sebagai pengemar teknologi saya terkesan dengan sistem e-KTP ini. Selain di foto, sidik jari kita akan discan dengan alat yang canggih. Dan Lebih canggih lagi retina mata juga di scan. KEREN.....

Sekali lagi petugas ramah dan murah senyum.... salut.... Terima kasih atas pelayanannya yang baik.

Hari ini saya mempunyai kesan bahwa pelaksanaan pelayanan masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah sekarang ini menjadi lebih baik. Tidak seperti dahulu yang membuat orang malas ke kantor pemerintahan. Walau terlihat masih kurang disana-sini dapat di maklumi, karena selain butuh waktu, dana dan fasilitas sumber daya memang harus masih ditingkatkan. Namun saya yakin dengan semakin banyak orang baik dan berniat baik serta berjuang untuk maju. Bangsa kita Indonesia akan menjadi bangsa yang maju.

Related Posts: